Annas Maamun: Adipura Keinginan Masyarakat Rohil

BAGANSIAPIAPI-Bupati Rokan Hilir, Riau, H Annas Maamun mengatakan kesuksesan Rohil meraih Adipura merupakan keinginan masyarakat yang sudah bersama-sama ikut menjalankan program pemerintah daerah dengan tetap menjaga lingkungan dan kebersihan rumahnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Rohil H Annas Maamun selaku pembina upacara dalam apel serah terima Adipura dari Wakil Bupati H Suyatno AMP yang menerimanya secara langsung dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara kepada Annas di halaman kantor bupati, turut hadir unsur muspida, pelajar dan masyarakat, Sabtu (6/6/2009).

Piala Adipura yang diterima Pemkab Rohil merupakan anugerah tertinggi nasional untuk kategori kota kecil terbersih di Indonesia diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta pada hari Lingkungan Hidup 5 Juni. "Hari ini, Piala Adipura sudah sampai di Bagansiapiapi yang diterima dari KLH Jakarta dan itu merupakan keinginan masyarakat Rohil yang selalu menjaga dan mempertahankan status kota bersih khususnya di Bagansiapiapi," sebut Annas.

Meski tahun lalu hanya mendapatkan sertifikat, namun perolehan Piala Adipura menandakan bahwa masyarakat mulai sadar untuk tetap menjaga lingkunganya dengan memperhatikan beberapa aspek pendukung seperti kebersihan drainase, halaman sekitar dan lingkungan rumah.

"Tanpa disadari masyarakat sudah menciptakan budaya bersih, sehingga tanpa disadari juga pemerintah mempercaya untuk memberikan piala Adipura. Saya harapkan ini terus dipertahankan dan bukan hanya didiamkan," pinta bupati.

Keuntungan yang diperoleh, dengan terjaganya kota maka para investor dalam jangka waktu panjang akan mau berinvestasi di Kota Bagansiapiapi, oleh karena itu pemerintah daerah dalam waktu dekat mengesa pembagunan kantor pemerintahan di lokasi perkantoran Baganpunak Batu Enam.

Selain itu penerapan kesadaran masyarakat menanam pohon kayu yang bermanfaat disekitar pekarangan seperti jambu thailand, durian bangkok dan manggis. "Saya anjurkan tertama para PNS untuk mengajak masyarakat melakukan gerakan tanam pohon yang mendukung tercapainya piala adipura," ucapnya.

Setelah dilakukan serah terima, usai upacara Piala Adipura diarak keliling Kota Bagansiapiapi yang disambut meriah oleh seluruh komponen masyarakat yang hadir menyaksikan. (Jaka)

Selasa, 09/06/2009 18:54 WIB
http://www.potretnews.com/rohil_teks.php?idberitateks=2235